Bayar Domain

Sunday 21 December 2014

Pengertian Tacit Knowledge Dan Explicit Knowledge



Tacit Knowledge adalah pengetahuan yang terdapat di dalam otak/pikiran kita sesuai dengan pemahaman, keahlian dan pengalaman seseorang biasanya pengetahuan ini tidak terstruktur, susah untuk didefinisikan dengan bahasa formal dan isinya mencakup pemahaman pribadi. Pengetahuan ini umumnya belum terdokumentasi karena pengetahuan ini masih ada pada keahlian atau pengalaman seseorang

 Tacit Knowledge memiliki ciri khas yaitu:
·      Diperoleh dari pengalaman, pengalaman yang kita pernah liat, rasakan dan lakukan akan kita memahami pengalaman tersebut melalui percakapan yang kemudian kita cerna di dalam otak kita
·         Tidak mudah di komunikasikan / diberikan kepada orang lain karena sulit untuk di ekspresikan, karena minimal kita harus menggunakan media dalam penyampaian kepada orang lain.
·          Dapat di transfer secara efektif melalui person to person basis, yaitu pengetahuan yang di dapat oleh kita akan mudah untuk di transfer melalui percakapan dari kita ke orang lain.

Contoh Pengetahuan tacit misalnya gagasan, persepsi, cara berpikir, wawasan, keahlian/kemahiran.

Contoh dalam kehidupan nyata :
Ketika seseorang memasak, akan berbeda rasanya ketika memasak menggunakan buku resep sebagai panduan dengan memasak menggunakan intuisi, karena terkadang memasak dengan menggunakan intuisi akan terasa lebih enak karena dapat sesuai dengan selera.

Cara mengendarai mobil, akan sulit diajarkan jika hanya melalui teori, lebih baik mengajarkan secara praktek langsung kepada penerima knowledge.

Ada seorang chef yang sedang memasak kemudian mengutarakan beri saja garam "secukupnya" atau beri saja gula "secukupnya" kata secukupnya ini sulit untuk diutarakan karna orang tersebut tidak pernah mengukur seberapa banyak gula atau garam yang dibutuhkan.


Explicit Knowledge adalah pengetahuan yang telah dikumpulkan serta diterjemahkan ke dalam suatu bentuk dokumentasi sehingga lebih mudah dipahami dan disebarluaskan. Pengetahuan ini bersifat formal, sistematis dan mudah untuk ditransfer atau dibagikan ke orang lain dalam bentuk dokumentasi karena umumnya merupakan pengetahuan yang bersifat teori dimana memudahkan para ahli untuk membagi pengetahuannya kepada orang lain melalui buku, artikel dan jurnal tanpa harus datang langsung untuk mengajari orang tersebut.

contoh :
Pengetahuan tentang bahasa pemrograman yang terdefinisi dalam berbagai buku ataupun artikel mengenai hal tersebut.

Buku panduan matematika maupun fisika yang sudah dilengkapi dengan trik-trik untuk menyelesaikanya danr mudah dipahami.


4 comments: