Bayar Domain

Wednesday 17 December 2014

Critical Success Factor pada Website Amazon.Com

 

Amazon.com merupakan salah satu website online shoping terbesar di dunia yang menyediakan berbagai jenis produk, mulai dari buku, barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, games, gadget, dan lain-lain. Toko online ini didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan berpusat di Seattle, Washington. Untuk sistem pembayarannya Amazon.com bisa menggunakan Paypal atau kartu kredit.

Selain kita bisa membeli barang di Amazon.com, kita juga bisa menjual barang-barang yang ada di Amazon.com dengan cara memasang iklannya di website atau blog milik kita. Mungkin ini seperti program Pay Per Sale (PPS), yaitu apabila ada pengunjung yang melakukan transaksi atau pembelian di website atau blog milik affiliate marketer, maka affiliate marketer tersebut akan diberi komisi dari merchant. Di sini yang menjadi affiliate marketer adalah kita yang memasang iklan Amazon.com di website atau blog milik kita, dan merchant adalah Amazon.com. Komisi yang diberikan pun biasanya tergantung dari harga barang itu sendiri, apabila barang itu mahal, maka komisi yang akan kita dapatkan semakin besar.

Menurut saya berikut ini adalah critical success factor pada website Amazon.com :

-          Harga Kompetitif :
Harga yang ditawarkan pada Amazon kompetitif, atau bisa dikatakan harga yang diberikan amazon lebih murah dibandingkan dengan web jual beli lainnya karena amazon proses jual beli dilakukan secara grosir.

-          Produk Berkwalitas
Produk-produk yang dijual diamazon mempunyai kualitas yang baik. Dan apa yang ditulis diwebnya merupakan gambaran secara nyata dari produk-produk yang mereka jual. Karena produk yang berkwalitas itulah yang menjadikan amazon dipercaya oleh para konsumennya. 

-          Web desain
Dari segi Desain Web Amazon dianggap oleh sebagian orang sebagai pemimpin tak tersaingi dalam belanja online dengan sebuah website yang jelas. Seperti yang Anda lihat dari screenshot bagian bawah dari my personal Amazon.com, halaman secara visual dirancang dan ditampilkan oleh hirarki yang visual. Dengan kata lain organisasi halaman, dan interface serta tata letak memungkinkan navigasi yang mudah dan belanja yang menyenangkan. Amazon sangat meyakini apa yang disebut diferensiasi pelanggan matriks dan konsumen dapat dengan mudah mengenali dan membedakan Amazon.com dari yang lain

-          Catalog produk yang lengkap
Dari segi katalog produk, Amazon menawarkan bermacam –macam produk secara lengkap sehingga orang bisa memilih produk yang akan dibeli dikatalog tersebut tanpa perlu mencarinya dsitus jual beli yng lain.

-          Kemudahan pembayaran
Dalam pembayaran produk semua pembelian akan ditangani dengan aman oleh Amazon.com itu sendiri. Penjual tidak perlu membuat akun pembayaran yang berbeda seperti eBay yang  menggunakan Paypal. Amazon.com menyediakan nyaman 1-klik pemesanan yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian tanpa perlu kerepotan oleh sistem pembayaran kasir online

-          Pengalaman berbelanja yang tidak biasa
Amazon menciptakan sebuah pengalaman serupa untuk semua pengguna yang secara unik cocok untuk pelanggan/individu dengan memberikan pengalaman yang akan  membantu pelanggan untuk memahami inti dari Amazon itu sendiri. Amazon mengartikulasikan janji merek dan merangsang keinginan untuk pelayanan yang baik.

No comments:

Post a Comment