Bayar Domain

Thursday 5 January 2017

SETTING POMPA OLI SAMPING NINJA 150



Heloow para Ninjerr seantero jagat raya....

Pada kesempatan kali ii saya akan coba sedikit berbagi tutorial dantips bagaimana cara untuk Setting Oli samping NINJA 150
Bagi kebanyakan orang yang demen kebut-kebutan tapi tidak mau repot-repot si enak tinggal berangkat kebengkel dan minta disesuikan Antara setingan mesin dengan tingkat keborosan oli samping. Tetapi bagi para orang awam seperti saya ini yang bisanya beli motor second mungkin akan sedikit membantu. Pasalnya motor second settingannya sudah pasti disesuaiakan dengan pemilik ninja yang lama. Entah dia doyan kebut-kebutan ataukah dia suka selow- selow saja. Maka dari itulah kita perlu melakukan settingan ulang agar sesuai dengan kebutuhan kita saat ini selaku majikan yang baru. Sekedar info Motor 2 Stroke sangat bergantung sekali dengan OLI SAMPING. Karena oli inilah yang bekerja paling keras didalam motor kita. Jadi jangan samakan Oli mesin untuk motor 4 tak dengan oli mesin 2 stroke. Oli mesin di 2 tak hanya berfungsi melumasi girbox saja. Sedangkan pada 4 tak berfungsi sampai melumasi piston. Maka dari itu Oli mesin pada 2 stroke lebih awet dibandingkan dengan 4 stroke. Nahh...Fungsi Oli samping inilah yang bertugas untuk melumasi piston pada mesin 2 stroke. Jadi saran saya untuk oli samping jangan gunakan yang sembarakan ( Murah) karena akan meninggalkan kerak di Head Ninja anda.
Ok Lanjut ke Inti masalah berikut ini adalah cara Setting oli sampingnya.

Peralatan yang dibutuhkan :
1.     
Kunci Y (8,10,12) Nanti yang dipake yang 8
2.     
Obeng +
3.     
Kunci Pass 10


LANGKAH PERTAMA
Buka penutup rantai yang sekaligus berfungsi sebagai cover penutup pompa oli samping, dengan cara mengendurkan 3 buah baut pengikat dengan menggunakan kunci Y8
lepaskan dari kedudukannya.
 
Gambar 1. Membuka penutup Girset

LANGKAH KEDUA
Lepas 2 buah baut plat penutup pompa oli samping dengan menggunakan obeng + ,lalu lepaskan dari kedudukannya

Gambar 2. Membuka penutup pompa oli samping

LANGKAH KETIGA
Setelah penutup oli samping terbuka maka kita bisa melihat kondisi pompa oli samping motor kita (Gambar3). Untuk melihat setingan oli sampingnya masih standar atau tidak kita bisa dengan menarik tuas gas sampai mentok. Dari situ kita bisa mengetahui apakah settingannya masih standart atau tidak. Jika settingan masih standart maka kedua strip akan sejajar (Gambar 4). tidak terlalu boros dan tidak terlalu irit(aman). Hal ini untuk settingan jika memang mesin motor kita standar dan masih menggunakan kenalpot standart juga. Tetapi jika motor kita sudah ada ubahan pada kenalpot saya sarankan untuk coba dsetting sedikit agak boros. Hal ini untuk mengimbangi kompresi dalam proses pelumasan. Kita settingan standart masih bisa digunakan dengan catatan dalam penggantian Knalpot kita tidak terlalu banyak melakukan ubahan pada mainjet dan pilot jet (Spuyer) kita.


 

Gambar 3. Posisi Gas belum dutarik Full


Gambar 4. Posisi Gas selelah ditarik full
Untuk melakukan settingan oli samping sesuai kebutuhan kita maka bisa dengan cara membuka penutup karet kabel kawat yang ada dibagian atas blok gir kita. kendurkan baut nomor 2 dengan menggunakan kunci ring pass 10,setelah itu setel kebutuhan oli samping dengan cara memutar baut penyetel no 1 searah putaran jam (irit) berlawanan arah putaran jam(boros)

Gambar 5, Setting oli samping
 Apabila posisi kedua strip tadi seperti gambar di bawah (tidak sejajar berada di bawah) maka setelan oli samping anda lebih boros dari standar,

Gambar 6. Settingan Boros
Apabila posisi strip berada di atasnya maka setelan oli samping terlalu irit,
Setelan boros dan iritnya olisamping tergantung dari settingan mesin dan kebutuhan dari user yang menggunakan motor. Oh ya klu settingan boros maka akan bepengaruh pada jumlah asap yang dikeluarkan. Jika boros maka asap akan banyak sedangkan irit asap akan sedikit. Tetapi angan sekali-sekali anda mengiritkan settingan dibawah standar pabrik karena akan mengakibatkan motor cepat panas dan bisa jadi juga mesin akan rusak Ngejimm...

Demikian Tutorial dari pengalaman saya perihal setting Oli samping...
Semoga bermanfaat untuk para Newbie Ninja.....


BATMAN 035....KNI JAYA.....
 
 

19 comments:

  1. Klo pengaturan olsam ini ngaruh ngk gan buat motor yg sring susah hidup?
    Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bakal ngaruh..
      Ngaruhnya ke pembuangan asap di kenalpot

      Delete
    2. Ada, namun sedikit pengaruhnya, yaitu ketika kita setting trllu boros oli tersebut masuk ke busi yg mengakibatkan agak susah distarter.. sebaliknua jika setting irit maka akan cepat panas, sesuaikan karakter mengemudi anda

      Delete
  2. Gan saya kok kalo tuas gas nya di tarik setelan pompanya ga ikut naik ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo emg gak gerak sama sekali ada kemungkinan kabelnya putus gan

      Delete
  3. Setelan yang cocok apa gan, standar atau di boroskan sedikit. Mesin saya standar, knalpot juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo semua masih std bagusnya standar aja stelan olsamnya, kualitas olsam nya aja yg dibagusin🙏

      Delete
    2. Kalo stelan di atas garis itukan hrusya irit..tapi olsam saya masih ajh boros..ke busi juga nyampe basah..mati mulu..itu knpa ya om

      Delete
  4. kenapa ninja z hilang asap kalo sdah panas apa ada masalah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata2 mesin 2 tak emg begitu, klo udh panas asapnya akan tipis, apalagi klo menggunakan olsam dgn type smokeless

      Delete
    2. Brrti mesin nya sehat mas

      Delete
  5. gan ko suda di setel asapnya msh banyak kenapa ya

    ReplyDelete
  6. Maaf numpang nanya
    Per pompo oli samping saya lepas dan saya buka baut ganjalanya terus saya mau pasang ulang tapi saya tidak tau putaran ataubsetting nya kembali

    ReplyDelete
  7. Mau tanya bang.waktu pagi saya panas in motor trus saya bawa pergi..saat udah mau balik trus saya nyalain motor lngsung saya gas kog gk bisa ya ..harus nunggu panas lagi..pdhl tadi pgi udah saya panasin bang

    ReplyDelete
  8. Ko saya mesin nya cepet panas yah?saya cek radiator normal apa nya yah padahal bsru dipanasin sebentar udah panas

    ReplyDelete
  9. bang stelan olsam saya sdh mentok tp ko gk mau pas k garis yaa tetep di bwah gariss bng knpa ya itu

    ReplyDelete
  10. Tahukah Anda jika uang Rp 12.000.-/ hari (setara 350 ribu per bulan) selama 5 tahun aja, bisa memberikan uang dana pensiunan/ jangka panjang sekitar Rp 1 MiLYAR
    Bisa membiayai pendidikan anak hingga bisa melunasi hutang anda.
    Bisa membawa anda berangkat haji/umroh / jalan jalan.
    Bisa memberikan Tambahan penghasilan jutaan rupiah setiap bulan.
    Ya, pada kenyataannya uang Rp 12.000.-/hari bisa menjadikan sukses. Padahal itu cuma uang makan bakso aja, padahal itu cuma uang rokok harian.
    Bagaimana cara nya?
    Silahkan langsung WA (WhatsApp) saya sekarang = 081317175344

    Salam sukses
    resolusi 2020👍🏻

    ReplyDelete
  11. Mau nanya om, motor ane baunya ky agak sangit tapi gak terlalu.. Seher aman.. Spuyer ane kn gede apa ngaruh y sama setingan oli samping yg trlalu irit? Oli samping ane 3 bln baru abis, jarak tmpuh deket.. Mohon pencerahan om

    ReplyDelete
  12. Ninja memang indah dan mantap pada saat jaman ke EMAS SANYA SEKARANG JUGA DAH INI AJA TRIMAKASIH MANTAAAAFFFF

    ReplyDelete