Bayar Domain

Wednesday 17 December 2014

Analisis Web dalam Penerapan E-Commerce (Godiva.com)

Godiva.com merupakan sebuah sebuah store yang menjual berbagai macam coklat. Coklat - coklat yang ditawarkan disini  beragam dan rasanya pun dijamin bisa membuat ngiler orang. Jadi untuk para penggemar coklat harus mampir ke store ini karena disini selain bisa membeli kita bisa langsung menikmati coklat yang akan kita beli.

Tetapi kali ini saya tidak akan promosi tentang coklat-coklat yang ditawarkan di Godiva.com. saya hanya akan sedikit melakukan analisis kenapa store ini memutuskan untuk menerapkan E-commerce dalam kegiatan bisnisnya padahal store ini sudah lumayan berkembang.
Berikut adalah tampilan Web E-Commerce Godiva.com

-          Untuk yang pertama kita akan mengidentifikasi jenis e-commerce yang dijalankan  di Godiva.com apakah menggunakan transaksi secara B2B atau B2C . 
Menurut saya godiva.com menjalankan transaksi secara B2C karena pelaku bisnisnya melibatkan langsung antar penjual dengan pembeli, ( dalam artian pembeli berhubungan langsung dengan penjualnya) yaitu godiva.com menawarkan produk berbagai macam jenis cokelat lengkap dengan jenis dan tipe-tipenya kepada customer. Tetapi hal ini tdak menutup kemungkinan jika transaksi dilakukan secara B2B jika ternyata yang membeli produk tersebut adalah perusahaan juga dan ternyata ternyata oleh perusahaan tersebut barang yang sudah dibeli ternyata djualnya kembali.

 -          Untuk analisi yang kedua tentang Alasan Godiva memutuskan untuk berjualan secara onlineSetelah meliahat website secara keseluruhan dan membaca about us dari godiva.com, saya menyimpulkan godiva.com memutuskan untuk berjualan secara online karena faktor ingin memperluas jangkauan perusahaan menjadi internasional baik itu di Amerika, Eropa, maupun Asia, hal tersebut terbukti dengan suksesnya perusahaan mengeluarkan katalog enam musiman dalam satu tahun di Amerika Utara dan menerima banyak pesanan via telepon dan internet 

-          Analisis ketiga adalah dari sisi content yang ada pada website Godiva.com Menurut saya godiva.com sudah sangat baik sebagai website e-commerce, karena menurut pengamatan saya selain karena sudah terbukti Godiva sebagai perusahaan besar yang sudah sangat sukses, websitenya sendiri sudah cukup user-friendly dan sudah dilengkapi dengan menu-menu dan informasi yang memudahkan customer, seperti petunjuk cara transaksi, customer call centre, email, search, live chat, menu help, dan lain-lain


No comments:

Post a Comment