Bayar Domain

Thursday 30 March 2017

Pengertian VPN IP Link Telkom


Pernah dengar VPN IP  ??? VPN IP merupakan salah satu jenis layanan service yang ditawarkan oleh Telkom telkom sebagai media komunikasi data perusahaan antara kantor pusat ke kantor cabang. VPN IP atau biasa disebut dengan MPLS adalah layanan komunikasi data any to any connection berbasis ip multi protocol label switching (MPLS).Layanan ini sebagai solusi pertukaran data secara cepat antar Induk perusahaan ke beberapa anak perusahaannya.

Layanan ini tergolong cukup mumpuni, karena layanan ini bisa digunakan untuk komunikasi Data,Voice maupun Video. Pada perusahaan perusahan biasanya layanan ini digunakan untuk akses aplikasi ataupun data base dari Server (BackHaul) ke cabang-cabang lain yang ada di seluruh indonesia.

Layanan ini sudah terdeliver hampir diseluruh Wilayan Indonesia dengan asumsi daerah tersebut terjangkau oleh jaringan line telfon . tetapi jika ada suatu wilayah yang belum tercover oleh line telfon dari telkom dan ingin berlangganan maka dari telkom akan menyediakan Koneksi lain dengan menggunakan VSAT.

Seiring perkembangan Jaman Link VPN IP sudah tidak lagi mentok di BW 2 MB, Untuk sebelumnya link ini BW terbatas hanya 2MB karena jalur koneksi yang digunakan masih menggunakan kabel tembaga. Dimana kabel tembaga hanya support sampai BW 2 MB saja. Sekarang ini Telkom sudah menggunakan FO sebagai jalur nya sehingga bisa dibilang kecepatannya tak terbatas. Tinggal kuat-kuat aja perusahaan untuk membayar sewa BW nya.

Untuk konfigurasinya juga link ini tergolong cukup mudah karena dari segi ip maupun routing sudah disiapkan oleh telkom, sehingga dari pelanggan tinggal melakukan konfigurasi disisi CPE (Router Customer). Dari telkom juga menyediakan routernya jika memang dari pelanggan tidak mau repot-repot melakukan konfigurasi.

Mungkin itu saja yang bisa sharing ke rekan-rekan semua semoga bisa membantu teman-teman yang membutuhkan informasi tentang link VPN IP Telkom. Tetapi jika ada yang mau ditanyakan bisa langsung ja koment disini, semoga saya bisa membantu. Pada artikel selanjutnya saya akan sharing teantang bagaimana pengecekan link VPN IP Sooo jangan lupa mampir dan koment yaa..jadi kan klu ada yang koment saya semakin semangan nulisnya...Hehehee

11 comments:

  1. bang mau tau kalau biaya ipvpn telkom itu berapaan sih harganya... saya denganr ipvpn lebih mahal dari dedicated internet ya? kalau 1 Gbps berapaan itu ya wkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan bisa menghubungi saya pak utk infonya.
      intansuherman10@gmail.com

      Delete
  2. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Mau nanya pak, vpnip Telkom ini sama tidak dengan ipsec yg biasa di pakai untuk host to host perbankan
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab.
      Beda mas ini mereka sediakan jasa mpls vpn layer 3, jd kita bisa terkoneksi end to end menggunakan ip. Nanti ada cpe (perangkat costumer) dan pe serta p router(perangkat isp) nah cpe kita nanti terhubung langsung denga pe isp serta dapat dirouting lagsung ke end to end. Biasanya mpls vpn l3 bandwidth guaranted, ada fitr qos. Mpls vpn l3 itu transparant jd paket yg lewat jaringan mpls isp akan clear untuk packet clear text dan tetap terenkripsi apabila diencrypt. Disarankan tetap encrypt ulang dengan ipsec+gre atau ipsec vti atau metode lain hehehe.

      Delete
    2. Silahkan bertanya atau mencari info melalu email saya intansuherman@telkom-solution.net

      Delete
  4. Agar lebih mudah bisa melalu email saya intansuherman@telkom-solution.net

    ReplyDelete
  5. very interesting post.this is my first time visit here.i found so mmany interesting stuff in your blog especially its discussion..thanks for the post! surfshark free trial

    ReplyDelete
  6. Excellent article. Very interesting to read. I really love to read such a nice article. Thanks! keep rocking. vpn for torrenting

    ReplyDelete