Bayar Domain

Tuesday 3 September 2013

Jaringan Dengan Modem Tellabs (Serial) VS Modem DSLAM (Ethernet)


Secara garis besar jaringan dari Provider telekomunikasi dibedakan menjadi 2 macam. yaitu jaringan berbasiskan modem Serial dan modem DSLAM. Untuk modem serial sendiri saat ini sudah jarang sekali digunakan karena selain Harga perangkatnya yang relatif mahal selain itu  bandwith yang didapat max cuma 2MB. Modem jenis ini disebut dengan  modem Serial karena keluaran dari modem adalah berupa kabel serial. Biasanya modem Ini Gunakan untuk ListLine, DINA acces ( Pada Layanan Telkom). Penggunaan modem ini juga harus sepasang antara satu sisi ke sisi Lainnya. untuk pengetas jaringan juga dilakukan dengan cara Melakukan Bertest. Berikut ini adalh gambar dari modem Tellabs.

Modem DSLAM adalah modem yang saat ini paling banyak digunakann. selain harganya murah keluaran dari modem ini juga berupa Ethernet sehingga lebih gampang dari segi pemakaiannya. selain itu untuk pengkoneksian ke routernya sendiri juga gampang. karena kebanyakan perangkat router saat ini masukkannya berupa Ethernet. Dari segi BW juga modem ini support sampai 100MB. Pada provider telkom modem ini banyak digunakan untuk layanan VPN IP,ASTINET,METRO E,IP TRANSIT Dll. Berikut adalah contoh penampakan dari Modem DSLAM.

Ngomongin tentang Modem dan jaringan Kurang lengkap jika tidak membahas tentang bagaimana mengetahui apakah jaringan yang gunakan bermasalah atau tidak.
Berikut ini saya jelaskan cara menganalisa gangguan jaringan dengan melihat indikator lampu modem yang ada dilokasi kita. Dengan mengetahui cara menganalisa ini diharapkan kita tahu harus kemana untuk memyelesaikan masalahnya. apakah gangguan barasal dari perangkat kita ataupun gangguan berasal dari provider tempat kita menyewa jaringan. 

INTERFACE SERIAL 

Untuk interfece serial selalu menggunakan Modem Tellabs dengan Keluaran modem berupa kabel V35.
Berikut Untuk detail letak gangguan berdasarkan Nyala lampu dimodemnya.

Modem Tellabs STU:
- Lampu modem 103 sampai 109 hidup berarti normal.
- Lampu modem 103 dan 105 mati berarti ada permasalahan koneksi ke arah Router pelanggan, Koordinasikan dengan pelanggan untuk mengecek kabel Serial-V35 (Plug un plug) dan cek kondisi router (restart router, cek port router). Jika hsl Loop fisik V.35 di port Modem: OK, dan sdh coba ganti Serial-V.35 tp Lay msh NOK,maka indikasi Ggn ada di sisi Router.
- Lampu modem 104 dan 109 mati berarti gangguan jaringan lokal.
- Lmp mdm 105 dan 106 mati brarti cek koneksi yg msk ke Rout Cust(tdk ad komunikasi ke Rout) Kordinasikan dengan pelanggan untuk mengecek kabel Serial-V35 (Plug un plug),Jika ada spare V.35 bs di coba utk diganti trlebih dahulu, jk msh NOK mk cek kondisi Router
- Lampu modem 103 mati berarti ada permasalahan di router pelanggan. Kordinasikan dengan pelanggan untuk mengecek kabel interface Serial-V35 (Plug un plug), jk msh NOK cek kondisi Rout. (rstart Rout,cek port Rout),jk msh NOK indikasi ggn Rout Cust
- Lampu modem LA (Local Alarm) nyala dan 109 mati berarti gangguan jarlok.
- Lampu modem 104 mati, cek NMS apakah terkena Gangguan TID
- Lampu modem 142 nyala berarti sedang proses loop/bertest
============================================================================================
Modem Tellabs CTU-S:
- Lampu modem Line 1 ON, Line 2 OFF dan Power ON Jaringan Normal
- Lampu modem Line 1 OFF, Line 2 OFF, PMA Nyala Merah indikasi Jaringan Telkom Terganggu
- Lampu modem DMA Nyala Merah kondisi Loop / Bertest
============================================================================================


 INTERFACE ETHERNET 

Untuk layanan Ethernet Biasanya menggunakan Modem Zixel atai TPlink
Berikut indikasi modemuntukmengetahui kondisi jaringan bermasalah atau tidaknya

Modem DSLAM Merk Zyxel Prestige:
- Lampu modem DSL ON, PPP/ACT Blinking Jaringan Telkom Normal
- Lampu modem 10/100 LAN, Nyala Orange maka LAN Terkoneksi
- Lampu modem DSL dan PPP/ACT OFF Jaringan Telkom Gangguan
- Lampu modem DSL Blinking, Jaringan Telkom Intermitten / Kualitas Terdegradasi

Demikian Uraian yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa menambah pengetahuan tentang jaringan  Tellab ataupun DSLAM
Terima kasih

No comments:

Post a Comment