Bayar Domain

Tuesday 18 December 2012

Manfaat Consumer Behaviour / Perilaku konsumen bagi seorang Marketing

Consumer behaviour atau biasa disebut dengan perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian.Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah,
sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Dari pengertian diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya memahami consumer behaviour dalam marketing adalah :
- Dapat Membantu dalam penyusunan strategi  pemasaran. Berdasarkan sikap konsumen, pemasaran dapat menyusun strategi promosi, khususnya iklan secara tepat.
- Dapat Membantu memahami dengan tepat kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai dengan selera sehingga dapat terwujudnya kepuasan pelanggan.
- Sebagai acauan dalam pemasaran produk disuatu wilayah, karena setiap wilayah berbeda-beda karakteristik dalam mengkonsumsi sebuah produk. dengan mengetahui
perilaku konsumen maka pendistribusian produk bisa berjalan dengan baik, dalam artian produknya tepat sasaran.
contoh : tingkat konsumsi payung dibogor dan dijakarta akan berbeda karena bogor cenderung hujan maka konsumsi akan produk payung lebih banyak daripada jakarta.
- Dapat Membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumen.
( manfaat dari segi ekonomi)
- Dapat mempelajari perilaku konsumen akan bermanfaat  agar menjadi konsumen yang bijak, dan bagi pemasar akan sangat bermanfaat dalam
mengenali kebutuhan dan keinginan guna menyusun strategi pemasaran. ( manfaat bagi konsumen).

Demikian uraian tentang consumer behaviour dari saya terima kasih.

1 comment:

  1. "Dapat Membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumen.
    ( manfaat dari segi ekonomi)"
    bisa dijelasin lebih lanjut ga min??

    ReplyDelete