Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah pendekatan untuk
mengelola interaksi perusahaan dengan pelanggan saat ini dan masa depan.
Ini sering melibatkan menggunakan teknologi untuk mengatur,
mengotomatisasi, dan sinkronisasi penjualan, pemasaran, layanan
pelanggan, dan dukungan teknis.
Seiring perkembangan Jaman CRM berkembang menjadi e-CRM
Berikut adalah perbedaan antara CRM dan E-CRM
a) Dari segi kontak dengan customer :
pada CRM, kontak dengan pelanggan biasanya dimulai dengan cara tradisional
seperti lewat telepon atau fax, sendangkan e-CRM selain melalui telepon atau
fax, kontak dengan customer dapat juga melalui internet, email, wireless,
ataupun fax
b) Dari segi system interface :
CRM bekerja berbasis aplikasi back-end melalui sistem ERP, sedangkan e-CRM
dirancang sebagai aplikasi front-end
c) Dari segi sistem fokus : pada CRM,
sistem dirancang untuk memenuhi kebutuhan produk dan fungsi, sedangkan pada
e-CRM sistem dirancang untuk memenuhi kebutuhan customer.
d) Dari segi
maintenance sistem dan modifikasi : pada CRM Implementasi tidak ada lagi dan
manajemen mahal karena sistem terletak di berbagai lokasi dan pada beberapa
server, sedangkan e-CRM mengurangi waktu dan biaya. Implementasi sistem dan
ekspansi dapat dikelola dalam satu lokasi dan pada satu server
No comments:
Post a Comment