Heloow para
Ninjerr seantero jagat raya....
Pada
kesempatan kali ii saya akan coba sedikit berbagi tutorial dantips bagaimana
cara untuk Setting Oli samping NINJA 150
Bagi
kebanyakan orang yang demen kebut-kebutan tapi tidak mau repot-repot si enak
tinggal berangkat kebengkel dan minta disesuikan Antara setingan mesin dengan
tingkat keborosan oli samping. Tetapi bagi para orang awam seperti saya ini
yang bisanya beli motor second mungkin akan sedikit membantu. Pasalnya motor
second settingannya sudah pasti disesuaiakan dengan pemilik ninja yang lama. Entah
dia doyan kebut-kebutan ataukah dia suka selow- selow saja. Maka dari itulah
kita perlu melakukan settingan ulang agar sesuai dengan kebutuhan kita saat ini
selaku majikan yang baru. Sekedar info Motor 2 Stroke sangat bergantung sekali
dengan OLI SAMPING. Karena oli inilah yang bekerja paling keras didalam motor
kita. Jadi jangan samakan Oli mesin untuk motor 4 tak dengan oli mesin 2 stroke.
Oli mesin di 2 tak hanya berfungsi melumasi girbox saja. Sedangkan pada 4 tak
berfungsi sampai melumasi piston. Maka dari itu Oli mesin pada 2 stroke lebih
awet dibandingkan dengan 4 stroke. Nahh...Fungsi Oli samping inilah yang
bertugas untuk melumasi piston pada mesin 2 stroke. Jadi saran saya untuk oli
samping jangan gunakan yang sembarakan ( Murah) karena akan meninggalkan kerak
di Head Ninja anda.
Ok Lanjut ke
Inti masalah berikut ini adalah cara Setting oli sampingnya.
Peralatan yang dibutuhkan :
1. Kunci Y (8,10,12) Nanti yang dipake yang 8
2. Obeng +
3. Kunci Pass 10
Peralatan yang dibutuhkan :
1. Kunci Y (8,10,12) Nanti yang dipake yang 8
2. Obeng +
3. Kunci Pass 10
LANGKAH PERTAMA
Buka penutup
rantai yang sekaligus berfungsi sebagai cover penutup pompa oli samping, dengan
cara mengendurkan 3 buah baut pengikat dengan menggunakan kunci Y8
lepaskan dari kedudukannya.
lepaskan dari kedudukannya.
LANGKAH KEDUA
Lepas 2 buah
baut plat penutup pompa oli samping dengan menggunakan obeng + ,lalu lepaskan
dari kedudukannya
Gambar 2.
Membuka penutup pompa oli samping
LANGKAH KETIGA
Setelah penutup oli samping terbuka maka kita bisa melihat kondisi pompa
oli samping motor kita (Gambar3). Untuk melihat setingan oli sampingnya masih
standar atau tidak kita bisa dengan menarik tuas gas sampai mentok. Dari situ
kita bisa mengetahui apakah settingannya masih standart atau tidak. Jika settingan
masih standart maka kedua strip akan sejajar (Gambar 4). tidak terlalu boros dan tidak
terlalu irit(aman). Hal ini untuk settingan jika memang mesin motor kita
standar dan masih menggunakan kenalpot standart juga. Tetapi jika motor kita
sudah ada ubahan pada kenalpot saya sarankan untuk coba dsetting sedikit agak
boros. Hal ini untuk mengimbangi kompresi dalam proses pelumasan. Kita
settingan standart masih bisa digunakan dengan catatan dalam penggantian Knalpot
kita tidak terlalu banyak melakukan ubahan pada mainjet dan pilot jet (Spuyer)
kita.
Gambar 3.
Posisi Gas belum dutarik Full
Gambar 4.
Posisi Gas selelah ditarik full
Untuk
melakukan settingan oli samping sesuai kebutuhan kita maka bisa dengan cara
membuka penutup karet kabel kawat yang ada dibagian atas blok gir kita. kendurkan
baut nomor 2 dengan menggunakan kunci ring pass 10,setelah itu setel kebutuhan
oli samping dengan cara memutar baut penyetel no 1 searah putaran jam (irit)
berlawanan arah putaran jam(boros)
Gambar 5,
Setting oli samping
Apabila posisi kedua strip tadi seperti gambar di bawah (tidak sejajar
berada di bawah) maka setelan oli samping anda lebih boros dari standar,
Gambar 6.
Settingan Boros
Apabila
posisi strip berada di atasnya maka setelan oli samping terlalu irit,
Setelan
boros dan iritnya olisamping tergantung dari settingan mesin dan kebutuhan dari
user yang menggunakan motor. Oh ya klu settingan boros maka akan bepengaruh
pada jumlah asap yang dikeluarkan. Jika boros maka asap akan banyak sedangkan
irit asap akan sedikit. Tetapi angan sekali-sekali anda mengiritkan settingan
dibawah standar pabrik karena akan mengakibatkan motor cepat panas dan bisa
jadi juga mesin akan rusak Ngejimm...
Demikian Tutorial dari pengalaman saya perihal setting Oli samping...
Semoga bermanfaat untuk para Newbie Ninja.....
Demikian Tutorial dari pengalaman saya perihal setting Oli samping...
Semoga bermanfaat untuk para Newbie Ninja.....
BATMAN
035....KNI JAYA.....
Klo pengaturan olsam ini ngaruh ngk gan buat motor yg sring susah hidup?
ReplyDeleteMksh
Gak bakal ngaruh..
DeleteNgaruhnya ke pembuangan asap di kenalpot
Ada, namun sedikit pengaruhnya, yaitu ketika kita setting trllu boros oli tersebut masuk ke busi yg mengakibatkan agak susah distarter.. sebaliknua jika setting irit maka akan cepat panas, sesuaikan karakter mengemudi anda
DeleteGan saya kok kalo tuas gas nya di tarik setelan pompanya ga ikut naik ya ?
ReplyDeleteKlo emg gak gerak sama sekali ada kemungkinan kabelnya putus gan
DeleteSetelan yang cocok apa gan, standar atau di boroskan sedikit. Mesin saya standar, knalpot juga
ReplyDeleteKalo semua masih std bagusnya standar aja stelan olsamnya, kualitas olsam nya aja yg dibagusin🙏
DeleteKalo stelan di atas garis itukan hrusya irit..tapi olsam saya masih ajh boros..ke busi juga nyampe basah..mati mulu..itu knpa ya om
Deletekenapa ninja z hilang asap kalo sdah panas apa ada masalah ya
ReplyDeleteRata2 mesin 2 tak emg begitu, klo udh panas asapnya akan tipis, apalagi klo menggunakan olsam dgn type smokeless
DeleteBrrti mesin nya sehat mas
Deletegan ko suda di setel asapnya msh banyak kenapa ya
ReplyDeleteMaaf numpang nanya
ReplyDeletePer pompo oli samping saya lepas dan saya buka baut ganjalanya terus saya mau pasang ulang tapi saya tidak tau putaran ataubsetting nya kembali
Mau tanya bang.waktu pagi saya panas in motor trus saya bawa pergi..saat udah mau balik trus saya nyalain motor lngsung saya gas kog gk bisa ya ..harus nunggu panas lagi..pdhl tadi pgi udah saya panasin bang
ReplyDeleteKo saya mesin nya cepet panas yah?saya cek radiator normal apa nya yah padahal bsru dipanasin sebentar udah panas
ReplyDeletebang stelan olsam saya sdh mentok tp ko gk mau pas k garis yaa tetep di bwah gariss bng knpa ya itu
ReplyDeleteTahukah Anda jika uang Rp 12.000.-/ hari (setara 350 ribu per bulan) selama 5 tahun aja, bisa memberikan uang dana pensiunan/ jangka panjang sekitar Rp 1 MiLYAR
ReplyDeleteBisa membiayai pendidikan anak hingga bisa melunasi hutang anda.
Bisa membawa anda berangkat haji/umroh / jalan jalan.
Bisa memberikan Tambahan penghasilan jutaan rupiah setiap bulan.
Ya, pada kenyataannya uang Rp 12.000.-/hari bisa menjadikan sukses. Padahal itu cuma uang makan bakso aja, padahal itu cuma uang rokok harian.
Bagaimana cara nya?
Silahkan langsung WA (WhatsApp) saya sekarang = 081317175344
Salam sukses
resolusi 2020👍🏻
Mau nanya om, motor ane baunya ky agak sangit tapi gak terlalu.. Seher aman.. Spuyer ane kn gede apa ngaruh y sama setingan oli samping yg trlalu irit? Oli samping ane 3 bln baru abis, jarak tmpuh deket.. Mohon pencerahan om
ReplyDeleteNinja memang indah dan mantap pada saat jaman ke EMAS SANYA SEKARANG JUGA DAH INI AJA TRIMAKASIH MANTAAAAFFFF
ReplyDelete