Amazon.com
merupakan salah satu website online shoping terbesar di dunia yang menyediakan
berbagai jenis produk, mulai dari buku, barang elektronik, kebutuhan rumah
tangga, games, gadget, dan lain-lain. Toko online ini didirikan oleh Jeff Bezos
pada tahun 1994 dan berpusat di Seattle, Washington. Untuk sistem pembayarannya
Amazon.com bisa menggunakan Paypal atau kartu kredit.
Selain
kita bisa membeli barang di Amazon.com, kita juga bisa menjual barang-barang
yang ada di Amazon.com dengan cara memasang iklannya di website atau blog milik
kita. Mungkin ini seperti program Pay Per Sale (PPS), yaitu apabila ada pengunjung yang melakukan transaksi atau
pembelian di website atau blog milik affiliate marketer, maka affiliate
marketer tersebut akan diberi komisi dari merchant. Di sini yang
menjadi affiliate marketer adalah kita yang memasang iklan Amazon.com di
website atau blog milik kita, dan merchant adalah Amazon.com. Komisi yang
diberikan pun biasanya tergantung dari harga barang itu sendiri, apabila barang
itu mahal, maka komisi yang akan kita dapatkan semakin besar.
Menurut
saya berikut ini adalah critical success factor pada website Amazon.com :
-
Harga
Kompetitif :
Harga
yang ditawarkan pada Amazon kompetitif, atau bisa
dikatakan harga yang diberikan amazon lebih murah dibandingkan dengan web jual
beli lainnya karena amazon proses jual beli dilakukan secara grosir.
-
Produk Berkwalitas
Produk-produk
yang dijual diamazon mempunyai kualitas yang baik. Dan apa yang ditulis
diwebnya merupakan gambaran secara nyata dari produk-produk yang mereka jual.
Karena produk yang berkwalitas itulah yang menjadikan amazon dipercaya oleh
para konsumennya.
-
Web desain
Dari
segi Desain Web Amazon dianggap
oleh sebagian orang sebagai
pemimpin tak tersaingi dalam belanja online dengan sebuah website yang jelas.
Seperti yang Anda lihat dari screenshot bagian bawah dari my personal
Amazon.com, halaman secara visual dirancang dan ditampilkan oleh hirarki yang
visual. Dengan kata lain organisasi halaman, dan interface serta tata letak
memungkinkan navigasi yang mudah dan belanja yang menyenangkan. Amazon sangat
meyakini apa yang disebut diferensiasi pelanggan matriks dan konsumen dapat
dengan mudah mengenali dan membedakan Amazon.com dari yang lain
-
Catalog
produk yang lengkap
Dari
segi katalog produk, Amazon menawarkan bermacam –macam produk secara lengkap
sehingga orang bisa memilih produk yang akan dibeli dikatalog tersebut tanpa
perlu mencarinya dsitus jual beli yng lain.
-
Kemudahan
pembayaran
Dalam
pembayaran produk semua pembelian akan ditangani dengan aman oleh Amazon.com itu sendiri.
Penjual tidak perlu membuat akun pembayaran yang berbeda seperti eBay
yang menggunakan Paypal. Amazon.com menyediakan nyaman 1-klik pemesanan
yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian tanpa perlu kerepotan
oleh sistem pembayaran kasir online
-
Pengalaman
berbelanja yang tidak biasa
Amazon menciptakan sebuah pengalaman serupa untuk
semua pengguna yang secara unik cocok untuk pelanggan/individu dengan
memberikan pengalaman yang akan membantu pelanggan untuk memahami inti
dari Amazon itu sendiri. Amazon mengartikulasikan janji merek dan merangsang
keinginan untuk pelayanan yang baik.
No comments:
Post a Comment