Godiva.com
merupakan sebuah sebuah store yang menjual berbagai macam coklat. Coklat - coklat
yang ditawarkan disini beragam dan
rasanya pun dijamin bisa membuat ngiler orang. Jadi untuk para penggemar coklat
harus mampir ke store ini karena disini selain bisa membeli kita bisa langsung
menikmati coklat yang akan kita beli.
Tetapi
kali ini saya tidak akan promosi tentang coklat-coklat yang ditawarkan di
Godiva.com. saya hanya akan sedikit melakukan analisis kenapa store ini memutuskan
untuk menerapkan E-commerce dalam kegiatan bisnisnya padahal store ini sudah
lumayan berkembang.
Berikut
adalah tampilan Web E-Commerce Godiva.com
Menurut saya
godiva.com menjalankan transaksi secara B2C karena pelaku bisnisnya melibatkan
langsung antar penjual dengan pembeli, (
dalam artian pembeli berhubungan langsung dengan penjualnya) yaitu godiva.com menawarkan produk berbagai macam jenis
cokelat lengkap dengan jenis dan tipe-tipenya kepada customer.
Tetapi hal ini tdak menutup kemungkinan jika transaksi dilakukan secara B2B
jika ternyata yang membeli produk tersebut adalah perusahaan juga dan ternyata
ternyata oleh perusahaan tersebut barang yang sudah dibeli ternyata djualnya
kembali.
-
Untuk analisi yang
kedua tentang Alasan Godiva memutuskan untuk berjualan secara onlineSetelah
meliahat website secara keseluruhan dan membaca about us dari godiva.com, saya
menyimpulkan godiva.com memutuskan untuk berjualan secara online karena faktor
ingin memperluas jangkauan perusahaan menjadi internasional baik itu di
Amerika, Eropa, maupun Asia, hal tersebut terbukti dengan suksesnya perusahaan
mengeluarkan katalog enam musiman dalam satu tahun di Amerika Utara dan
menerima banyak pesanan via telepon dan internet
-
Analisis ketiga adalah
dari sisi content yang ada pada website Godiva.com Menurut saya
godiva.com sudah sangat baik sebagai website e-commerce, karena menurut
pengamatan saya selain karena sudah terbukti Godiva sebagai perusahaan besar
yang sudah sangat sukses, websitenya sendiri sudah cukup user-friendly dan
sudah dilengkapi dengan menu-menu dan informasi yang memudahkan customer,
seperti petunjuk cara transaksi, customer call centre, email, search, live
chat, menu help, dan lain-lain
No comments:
Post a Comment