Customer Relationship Management (CRM)
adalah sebuah pendekatan untuk mengelola interaksi perusahaan dengan pelanggan
saat ini dan masa depan. Ini sering melibatkan menggunakan teknologi untuk
mengatur, mengotomatisasi, dan sinkronisasi penjualan, pemasaran, layanan
pelanggan, dan dukungan teknis. CRM adalah fitur berorientasi pelanggan dengan
respon layanan berdasarkan masukan pelanggan, satu-ke-satu solusi untuk
kebutuhan pelanggan, komunikasi online langsung dengan pelanggan dan customer
service center yang dimaksudkan untuk membantu pelanggan memecahkan masalah
mereka.
Manfaat CRM
Penggunaan Customer Relationship Management (
CRM ) memiliki beberapa manfaat yang dapat berpengaruh bagi meningkatnya
nilai suatu perusahaan yaitu :
·
Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Aplikasi CRM
memungkinkan untuk menggunakan informasi dari semua titik dengan pelanggan,
baik via web, call center, ataupun lewat staff pemasaran dan pelayanan
di lapangan. Konsistensi dan aksepsibilitas informasi ini memungkinkan
penjualan dan pelayanan yang lebih baik dengan berbagai informasi penting
mengenai pelanggan tersebut
·
Mengurangi Biaya
CRM juga
memungkinkan penjualan atau pelayanan dengan biaya lebih murah dalam sebuah
skema program pemasaran yang spesifik dan terfokus. Tertuju ke pelanggan yang
tepat dan pada waktu yang tepat pula.
·
Meningkatkan Efisiensi Operasional
Otomasi
penjualan dan proses layanan dapat mengurangi resiko turunnya kualitas
pelayanan dan mengurangi beban cashflow. Penggunaan teknologi web dan
call center misalnya, akan mengurangi hambatan birokrasi dan biaya serta
proses administratif yang mungkin timbul.
·
Peningkatan Time to Market
Aplikasi CRM
memungkinkan membawa produk ke pasar dengan lebih cepat dengan informasi
pelanggan yang lebih baik, adanya data trend pembelian oleh pelanggan.
·
Peningkatan Pendapatan
Aplikasi CRM
menyediakan informasi untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan bagi
perusahaan. Dengan aplikasi CRM, perusahaan dapat melakukan penjualan dan
pelayanan melalui website sehingga peluang dari penjualan secara global
tanpa perlu menyediakan upaya khusus untuk mendukung penjualan dan pelayanan
tersebut.
CRM membantu perusahaan untuk mengembangkan produk
baru berdasarkan pengetahuan yang lengkap tentang keinginan pelanggan, dinamika
pasar dan pesaing dengan cara:
- Menjaga pelanggan yang sudah ada
- Menarik pelanggan baru
- Cross Selling: menjual produk lain yang mungkin
dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya
- Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih
tinggi (gold card vs. silver card)
- Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk
menghindari penipuan
- Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan
tersimpan dalam satu system
- Respon yang lebih cepat ke pelanggan
- Meningkatkan efisiensi karena otomasi proses
- Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan
peluang
Contoh penerapan teknologi CRM yang paling sering
digunakan perusahaan ialah “Call Center” sebagaimana kita ketahui Pelanggan
adalah raja, dan harus dilayani sebaik mungkin. Tujuannya agar puas dan kembali
membeli produk yang ditawarkan. Sebagai contoh dalam Call Center begitu
customer selesai telepon ke customer call center , e-mail pemberitahuan dan
alur kerja (workflow) penyelesaian keluhan berjalan secara otomatis, sehingga
semua orang yang terkait dalam perusahaan langsung tahu. “Proses kerja makin
efisien, dan pihak perusahaan bisa lebih baik mendeteksi dan menanggapi masalah
yang ada,” . Selain itu dengan CRM, perusahaan mampu meningkatkan usaha
pemasaran dengan memanfaatkan database yang ada, termasuk produk atau jasa yang
pernah dibeli oleh pelanggan sebelumnya dan informasi mengenai segmentasi pasar
lainnya. Perusahaan yang memanfaatkan internet untuk kegiatan operasionalnya
memperoleh keuntungan tersendiri dengan pendekatan database ini. Mereka mampu
berkomunikasi dengan pelanggannya melalui website atau email, dan ini berarti
bahwa keseluruhan usaha yang dilakukan bukan hanya untuk membidik target
tertentu tetapi juga karena biayanya sangat murah dan praktis.
Sama-sama...
ReplyDeleteNamanya juga saling belajar, siapa yang lebih dulu tau bisa dibagikan ilmu yang pernah didapat sebelumnya...
Artikelnya sangat lengkap dan pemakaian kalimatnya gampang dimengerti, terima kasih sudah berbagi.
ReplyDeleteJual Skype For Business
Jual Microsoft Dynamics CRM Online
Distributor Kaspersky
Software Pendidikan
Sama2...
ReplyDeletesemoga bermanfaat artikelnya bagi yang membutuhkan pengetahuan tentang CRM
penjelasan gampang dipahami. thnx 4 your sharing
ReplyDelete