Bayar Domain

Sunday, 24 March 2013

Delapan Aturan Emas Dalam Merancang User Interface.


 Dalam pembuatan atau perancangan User interface diperlukan  beberapa aturan agar user interface yang dibangun sesuai dengan ketentuan yang sudah ada. Berikut ini akan dijelaskan beberapa aturan aturan dalam pembuatan User Interface atau biasa dikenal dengan nama " Delapan Aturan Emas dalam merancang sebuah User Interface ". (Shneiderman, 1998:72-73) yaitu:


1. Berusaha tetap Konsisten, (strike for consistency)
Maksudnya penggunaan jenis font,warna,simbol bentuk tombol harus ttetap sama atau tidak mengalami peribahan makna diseluruh bagian program

2. Memungkinkan pengguna menggunakan shortcut ( enable frequent user to use shortcuts)
Maksudnya program menyediakan tombol khusus yang berfungsi untuk masuk kebagian lain secara langsung dan tidak perlu melalui bagian bagian yang bisa
dilewati hal ini berfungsi untuk memaksimalkan kecepatan interaksi, baik melalui singkatan, simbol dll.

3. Memberikan umpan balik informasi (Offer Informationa feedback)
Memberikan umpan balik yang interaktif untuk setiap aksi sehingga tdak membingungkan pemakai.

4. Merancang dialog untuk mengakhiri hasil( design dialogs to yield closure)
Pengorganisasian yang baik, sehingga pemakai tahu kapan awal dan ahir dari suatu aksi.

5. Memberikan penanganan kesalahan yang sederhana ( permit esay reversal of actions).
Sedapat mungkin merancang sistem yang dapat menghindari pengguna dari kesalahan yang serius. apabila pengguna membuat kesalahan, sistem harus dapat
mendeteksi kesalahan dan dapat memberikan jalan keluar termudah untuk mengatasi kesalahan yang terjadi .

6. Memperbolehkan pengguna mengulangi atau memperbaiki suatu aksi ( offer error prevention and simple error handling)
Kesalahan yang terjadi dapat dikembalikan pada aksi sebelum kesalahan terjadi. dengan rancangan ini diharapkan user yang menggunakan aplikasi tdak takut
untuk mencoba karena hal tersebut anntinya bisa dikembalikan.

7. Mendukung proses pengendalian internal (Support internal locus of control).
Pengguna yang berpengalaman menginginkan keikut sertaan terhadap sistem yang mereka pakai dan mengharapkan sistem memberikan tanggapan atas aksi yang
dilakukan dalam artian user yng menjadi pengontrol sistem bukan sistem yang mengontrol.

8. Mengurangi beban ingatan jangka pendek ( reduce short-term memory load)
Dengan terbatasnya kemampuan manusia untuk mengingat, tampilan pada sistem harus mudah diingat dan simpel agar pengguna tidak terlalu mengingat banyak
perintah.

Demikian adalah aturan atran yang perlu dipenuhi dalam perancangan user interface. semoga bisa memberikan pengetahuan kita kedepannya dalam perancangan mengenai User Interface.
Terima kasih

No comments:

Post a Comment