Bayar Domain

Friday 17 May 2013

Pengertian SOP Manfaat SOP dan Cara Membuat SOP

Setiap perusahaan menginginkan agar semua kegiatan atau bisnis proses  yang berjalan diperusahaannya bisa berjalan dengan baik dan sesuai yang mereka inginkan. Maka agar semua kegiatan tersebut dapat terpantau dan berjalan sebagaimana mestinya diperlukan adanya sebuah standart Operation Procedur. Pada artikel ini akan dijabarkan apa yang dimaksud dengan SOP, manfaatnya dan bagaimana cara membuat SOP.


Standard Operating Procedure (SOP) merupakan suatu rangkaian tertulis mengenai suatu bisnis process dari suatu aktivitas bisnis pada perusahaan. Dengan melakukan SOP perusahaan dapat memastikan suatu aktivitas bisnis bisa berjalan sesuai dengan standard yang diharapkan. Pendokumentasian SOP diperlukan untuk menghasilkan system kualitas dan teknis yang konsisten dan mempertahankan kualitas control serta menjaga bisnis proses tetap berjalan.

Design SOP yang salah atau tidak tepat bisa menyebabkan bisnis proses di internal perusahaan menjadi kacau dan tidak berkembang.Oleh karena itu design SOP harus bisa diljalankan sedemikian rupa dan jelas serta detail sehingga individu yang bekerja di dalamnya juga bisa mengetahui bagaimana menjalankan suatu prosedur kerja.

Manfaat adanya SOP adalah:

1. Dapat menjaga konsistensi dalam menjalankan suatu prosedur kerja
2. Lebih jelas mengetahui peran dan posisi masing-masing di internal perusahaan
3. Memberikan kejelasan mengenai prosedur kerja, dan tanggung jawab dalam proses terkait
4. Memberikan keterangan mengenai keterkaitan dengan satu proses kerja dengan proses kerja
5.  Meminimalisir kesalahan dalam melakukan pekerjaan
6. Membantu dalam melakukan evaluasi terhadap setiap proses operasional perusahaan
Cara Pembuatan SOP:

Dalam membuat SOP diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Melakukan observasi atau pemetaan terhadap proses kerja yang sudah berjalan atau akan berjalan
2. Melakukan benchmarking bila diperlukan dengan perusahan sejenis
3. Mendesign SOP sesuai dengan hasil observasi dan hasil referensi untuk menambah ketajaman dari design sop
4. Melakukan analisa terhadap design sop yang sudah dibuat untuk diimplementasikan
5. Melakukan review SOP agar SOP yang sudah dibuat bisa dijalankan tanpa ada hambatan

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Manfaat atau fungsi prosedur operasi standar dalam administrasi perkantoran :

    1.Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugasnya.
    2.Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
    3.Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggungjawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
    4.Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangl keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.5.
    Meningkatkan Akuntabilitas pelaksanaan tugasMenciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
    6.Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
    Apakah perusahaan anda ingin menerapkan SOP ? isokonsultindo siap membantu Perusahaan anda
    kunjungi isokonsultindo.com

    ReplyDelete
  4. Terima kasih Untuk Tambahannya...

    ReplyDelete